Apple dilaporkan mengembangkan monitor EKG untuk Apple Watch

Apple dilaporkan mengembangkan monitor EKG untuk Apple Watch

Sebagai upaya untuk membuat smartwatch-nya lebih dari sekadar alat produktivitas, Apple dapat menambahkan pemantauan EKG ke versi Apple Watch di masa depan, kata Bloomberg News.

fitur baru untuk Apple Watch

Apple sedang mengerjakan fitur baru untuk Apple Watch yang memungkinkan smartwatch mendeteksi irama jantung abnormal, menurut sebuah laporan Rabu dari Bloomberg News, yang mengutip orang-orang yang mengetahui adanya usaha tersebut.


Satu versi yang diuji akan meminta pengguna untuk memeras bingkai jam tangan, yang menyebabkan jam tangan tersebut melewati “arus yang tak terlihat di dada orang tersebut untuk melacak sinyal listrik di jantung dan mendeteksi adanya kelainan seperti detak jantung yang tidak beraturan,” kata situs berita tersebut. Tes semacam itu disebut elektrokardiogram, atau EKG. Tidak ada jaminan fitur itu akan menemukan jalan ke produk masa depan, Bloomberg mengingatkan.

Apple menolak berkomentar.

Inisiatif ini sesuai dengan pola baru-baru ini untuk raksasa elektronik tersebut. Bulan lalu, ia meluncurkan aplikasi Heart Study, yang menggunakan sensor detak jantung Apple Watch untuk mengumpulkan data tentang irama jantung pengguna dan kemudian memberi tahu mereka bahwa mereka mungkin mengalami atrial fibrillation, atau AFib. Teknologi ini bisa jadi penting untuk mendeteksi suatu kondisi yang tidak selalu menunjukkan gejala. Di AS, sekitar 750.000 rawat inap dan 130.000 kematian setiap tahun merupakan akibat dari AFib, menurut Centers for Disease Control and Prevention. Apple sedang melakukan penelitian dengan Stanford Medicine.

Berbeda dengan proyek yang sedang dikembangkan, sistem yang sekarang menggunakan sensor cahaya di bawah Apple Watch untuk melacak perubahan aliran darah. Data dari penelitian tersebut dapat membantu perusahaan mengembangkan alat AI yang dapat mendeteksi kelainan, saran Bloomberg.

Apple Watch Seri Zero

Konsumen sudah bisa menggunakan smartwatch milik Apple untuk memantau irama jantung yang tidak normal dengan AliveCor’s KardiaBand, sebuah perangkat yang dilengkapi dengan FDA yang memeriksa pembacaan EKG on-the-spot dengan menggunakan tali yang terhubung dengan Bluetooth. Alih-alih menggunakan teknologi detak jantung optik jam tangan, KardiaBand menggunakan jari atau jempol Anda untuk menyelesaikan rangkaian listrik melalui dua kontak logam: satu untuk jari Anda, yang ada pada pergelangan tangan Anda. Ini bekerja dengan model Apple Watch Series 1, 2 dan 3 – yaitu setiap versi kecuali model “Seri Zero” asli.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *